Tips bagaimana cara mengatasi malas belajar diperlukan untuk Anda yang punya anak usia sekolah dengan tingkat kemalasan belajar tinggi. Sebab keadaan seperti ini dapat berdampak pada nilai anak yang rendah dan kemungkinan tinggal kelas.

Namun, menyuruh buah hati duduk membaca buku, mengulang pelajaran, dan mengerjakan tugas serta latihan soal tidaklah mudah, apalagi jiwa malas dalam diri si kecil lebih dominan. Anda harus ekstra dalam menangani ini.

Sebab jika dipaksa mungkin akan terjadi pemberontakan atau justru tertekan, tapi apabila dibiarkan kurang baik untuk masa depannya. Oleh sebab itu, diperlukan trik khusus untuk membuat kemalasan buah hati perlahan menghilang.

Caranya adalah mencoba menggunakan cara-cara yang tepat, tapi tidak terkesan memaksa. Kali ini, kami akan membagikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kemalasan si kecil sehingga dapat memperbaiki nilai-nilainya di sekolah. 

tips bagaimana cara mengatasi malas belajar yang paling ampuh adalah memiliki niat dan motivasi kuat

7 Tips Bagaimana Cara Mengatasi Malas Belajar

Anak malas belajar mungkin menjadi permasalahan sebagian besar orang tua, ada yang menanganinya dengan cara keras, tapi tidak sedikit membiarkan saja. Selain itu, menyewa tenaga pengajar untuk memberi kursus juga menjadi alternatif lain.

Akan tetapi, banyak orang tua yang tidak juga bisa membuat buah hatinya menjadi rajin mengulang pelajaran sekolah walaupun sudah mencoba berbagai cara. 7 tips berikut ini mungkin bisa membantu permasalahan Anda:

1. Mulailah dari Hal yang Disukai Si Kecil.

Tips bagaimana cara mengatasi malas belajar yang pertama adalah memulai dari apa kesukaan anak. Misalnya si kecil suka menggambar, maka bisa mulai dari memberikannya pelajaran menggambar.

Dengan cara ini bisa memperbaiki mood anak sekaligus menggali potensinya. Sebab, potensi bukan hanya ditunjukkan oleh nilai pelajaran saja, tapi juga oleh berbagai hal lainnya.

2. Fokus pada Satu Subjek Saja.

Mempelajari banyak hal sekaligus sama sekali tidak efektif, justru akan membuat pelajaran tidak terserap dengan baik. Jadi, tips bagaimana cara mengatasi malas belajar berikutnya adalah fokus pada satu subjek saja.

Misalnya fokus pada pelajaran matematika terlebih dahulu dengan fokus pada pelajaran aljabar, baru di sesi berikutnya mempelajari materi lain. Namun, pilih materi yang berkaitan sehingga lebih mudah dan cepat dipahami.

Selain itu, juga tidak boleh memaksakan anak untuk memahami sebuah subjek. Bantulah agar bisa dipahami dengan memberikan contoh mudah. Sehari sebaiknya fokus pada satu mata pelajaran saja sehingga tidak menjadi beban.

3. Ciptakan Tempat Nyaman Sehingga Meningkatkan Produktivitas.

Tempat juga menjadi salah satu penunjang dalam meningkatkan motivasi belajar. Ciptakan ruang khusus yang bisa digunakan untuk anak belajar ditambah berbagai perlengkapan penunjang.

Namun, dalam mempersiapkan ruangan ini harus disesuaikan dengan karakter anak, apakah suka belajar menyendiri di kamarnya atau di ruang publik. Ada juga anak yang suka belajar di luar ruangan.

Intinya, harus temukan tempat yang dapat menunjang suasana belajar sehingga menjadi lebih produktif. Anda juga bisa menambahkan berbagai camilan untuk menambah semangat.

4. Sediakan Waktu Khusus.

Tips bagaimana cara mengatasi malas belajar di rumah berikutnya adalah menyediakan waktu khusus. Cara ini sangat efektif membuat konsentrasi anak terhadap pelajaran terfokus sehingga lebih mudah menyerap semua ilmu yang dipelajari.

Buatlah jadwal pelajaran dan waktunya, pastikan untuk konsisten mengikuti jadwal tersebut. Anda tidak boleh lelah mengingatkan anak untuk mengikuti jadwalnya, jika perlu temani anak belajar.

Anda juga dapat menerapkan sistem reward, jadi ketika anak berhasil mengikuti jadwal pelajarannya dan fokus melatih diri berikan hadiah sebagai imbalan. Ini akan menambah semangatnya untuk melatih diri.

5. Jauhkan dari Gadget.

Salah satu penyebab kemalasan adalah gadget, apabila sudah asyik memainkan benda satu ini maka tidak ingat lagi pada waktu. Jadi, benda satu ini harus dijauhkan atau disimpan sementara waktu.

Jauhkan anak dari berbagai game maupun sosial media selama waktu pelajaran. Katakan padanya bahwa setelah belajar baru bisa memainkan kembali gadgetnya, dengan demikian dapat menjadikan motivasi untuk mengerjakan tugasnya sebagai pelajar.

Namun, selalu ingat pemakaian gadget yang berlebihan juga tidak akan bagus untuk si kecil karena akan membuatnya kecanduan. Sudah banyak kasus anak-anak tidak bisa lepas dari gadget sehingga memerlukan penangan khusus.

6. Berikan Jeda.

Tips bagaimana cara mengatasi malas belajar adalah berikan jeda di tengah-tengah pelajaran. Misalnya, jadwal pelajaran adalah 4 jam, maka setiap satu jam berikan istirahat sehingga anak tidak mudah bosan.

Anda bisa memberikan camilan, mengajak bercanda, atau bermain untuk mengisi waktu rehat tersebut. Namun, jangan berikan gadget pada anak di waktu rehat ini karena akan membuatnya lupa waktu.

Isi dengan kegiatan bermanfaat yang mampu membangun hubungan baik orang tua dan anak. Dengan begitu, Anda bisa mencapai banyak tujuan dalam satu kali waktu belajar, yaitu menyingkirkan kemalasan anak dan mengeratkan hubungan keluarga.

7. Tentukan Kuota Pelajaran.

Sistem kebut semalam memang seringkali menjadi andalan, tapi pada kenyataannya ini sangat tidak efektif. Paling benar jika mencicil materi demi materi dan baru beranjak ke materi berikutnya apabila anak sudah paham.

Apalagi jika usia si kecil baru memasuki masa sekolah, Anda harus lebih sabar dan memulai pelajaran dengan materi ringan saja. Juga usahakan proses belajar tidak memberatkan apalagi menekan si kecil.

Jadi, ketika mengajari anak pastikan untuk membuat kuota apa saja pelajaran yang diajarkan. Misalnya, hari ini kuotanya adalah menghafal perkalian 7, maka fokuslah pada hal tersebut dan pastikan pada akhir sesi tujuan sudah tercapai.

Tidak dapat dipungkiri bahwa belajar bagi sebagian anak merupakan hal membosankan bahkan menjadi hal ditakuti. Namun, sebagai orang tua Anda harus bisa mengarahkan buah hati agar tidak malas mengulang materi pelajaran sekolah.

Caranya bukan dengan paksaan, tapi pendekatan sedikit demi sedikit untuk membantu anak menghilangkan rasa malas. Dengan melakukan 7 tips bagaimana cara mengatasi malas belajar, maka kemalasan buah hati Anda dapat berkurang sedikit demi sedikit.


Demikian, semoga bermanfaat.